minuman green tea

Efek Minuman Green Tea yang Harus Anda Tahu

Obat Herbal

Minuman green tea merupakan salah satu yang sangat digemari. Kita bisa menemukan menu minuman yang satu ini di cafe maupun pinggir jalan. Green tea yang berasal dari Jepang ini ternyata juga disukai di negara lain. Mungkin karena rasa uniknya yang biasanya juga dikombinasikan dengan bahan lain seperti susu membuatnya semakin nikmat untuk dikonsumsi. Nah, ada beberapa efek nih jika anda mengkonsumsi minuman green tea.

Meningkatkan Fungsi Otak

Teh hijau dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Memiliki bahan utama kafein, green tea ini bisa menjadi stimulan. Namun tanaman yang satu ini tidak mengandung terlalu banyak kafein seperti kopi. Jadi anda tak aj=kan merasakan gelisah ketika mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Nah, kafein ini bertugas untuk mempengaruhi otak supaya menghadang neutrotransmitter sebagai penghambat. Dengan menggunakan cara ini, efeknya akan terjadi yaitu konsentrasi neurotransmitter dan pembakaran neuron. Ini sudah dibuktikan oleh penelitian yang menunjukan bahwa kafein ini bisa bermanfaat untuk fungsi otak termasuk memori dan reaksi.

Mengurangi Penyerapan Zat Besi

Catechin dalam teh hijau dapat mengurangi kemampuan Anda untuk menyerap zat besi dari makanan. Namun mengonsumsi katekin dalam jumlah besar dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. Sementara minum teh hijau secara teratur bukan masalah bagi kebanyakan orang sehat, mereka yang berisiko kekurangan zat besi harus mempertimbangkan minum teh di sela-sela waktu makan dan menunggu setidaknya satu jam setelah makan sebelum minum teh.

Meningkatkan Pembakaran Lemak

Jika Anda melihat daftar bahan untuk suplemen pembakaran lemak, kemungkinan besar, teh hijau akan ada di sana. ni karena, menurut penelitian, teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan laju metabolisme. Dalam satu penelitian yang melibatkan 10 pria sehat, mengambil ekstrak teh hijau meningkatkan jumlah kalori yang terbakar. Dalam penelitian lain yang melibatkan 12 pria sehat, ekstrak teh hijau meningkatkan oksidasi lemak dibandingkan dengan mereka yang menggunakan placebo. Namun, beberapa studi tentang teh hijau tidak menunjukkan peningkatan metabolisme, sehingga efeknya mungkin tergantung pada individu dan bagaimana penelitian itu dilakukan.