makanan penurun kolesterol

Makanan Penurun Kolesterol untuk Dikonsumsi

Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan yang salah atau berlebihan bisa menyebabkan masalah seperti kolesterol. Pastinya tidak enak kan jika badan tidak sesehat sebelumnya. Oleh karena itu, kita perlu untuk mengkonsumsi makanan penurun kolesterol. Apalagi kolesterol ini memang sudah ada di dalam tubuh. Kita hanya tinggal behati-hati saja dalam mengkonsumsi makanan.

Olahan Kedelai

Olahan kedelai menjadi makanan penurun kolesterol pertama yang bisa anda coba. Masyarakat Indonesia tidak bisa dipisahkan dari olahan kedelai seperti tempe, tahu, susu kedelai, dan lainnya. Dengan harga yang sangat ekonomis, olahan kedelai memberikan gizi bahkan bisa menurunkan kolesterol jahat lho. Jika anda ingin mencegah atau memang ingin menurunkan kolesterol, baik untuk mengkonsumsinya.

Oatmeal

Makanan penurun kolesterol selanjutnya adalah oatmeal. Tidak sulit untuk menemukan makanan yang satu ini karena tersedia hampir di setiap supermarket. Mungkin masih banyak orang yang tidak terbiasa mengkonsumsi makanan ini. Padahal oatmeal ini kaya akan serat lho. Beda dengan ketika anda menyantao nasi, oatmeal ini mudah di cerna oleh tubuh. Tak hanya itu saja, penyajiannya bisa dikombinasikan dengan buah-buahan yang anda sukai seperti stroberi dan pisang.

Ikan Salmon

Karena memiliki kandungan yang baik seperti  protein, omega-3, dan vitamin B, ikan salmon sangat baik dikonsumsi. Selain itu, tekstur nya yang lembut juga bisa dicerna dengan mudah. Mendapatkannya tak susah kok, anda bisa berbelanja di supermarket atau di pasar tradisional. Kandungan potasium yang biasanya kita dapatkan pada pisang juga tersedia di ikan ini. Potasium ini bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Meskipun begitu, kita harus tetap berhati-hati karena ikan bisa saja terkena limbah merkuri. Pastikan anda berbelanja di tempat yang sudah terjamin kualitas ikannya.

Buah Alpukat

Buah alpukat menjadi pilihan selanjutnya untuk makanan penurun kolesterol.  Serat dan lemak tak jenuh adalah kandungan yang didapat ketika mengkonsumsi alpukat. Jika anda ingin melakukan diet, buah ini bisa dimasukan ke dalam list. Kandungan tersebut bisa mengurangi kadar kolesterol jahat lho. Tak hanya itu saja, lemak tak jenuh juga akan meningkatkan kolesterol baik.